Pesan Bijak Kepala Sekolah SMK 5 Tanjungpinang

0
215

Tanjungpinang (cindai.id)_ Menunggu pengumuman hasil kelulusan pada tanggal 3 Juni 2022 untuk peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Tanjungpinang, Kepala Sekolah SMKN 5 Drs. Zulkarnaini, menyampaikan pesan-pesan bijaksana untuk anak-anak peserta didiknya baik yang akan lulus maupun yang sedang menjalankan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Ditemui di ruang Kepala Sekolah SMKN 5, Jalan Kp. Madung Kecamatan Tanjungpinang Kota – Kota Tanjungpinang (30/05/2022) menjelaskan Hasil rapat kelulusan akan diumumkan lewat online website resmi SMK Negeri 5 Tanjungpinang atau secara manual yang diumumkan lewat Majelis Dinding (MaDing) SMKN 5. Para peserta didik yang telah lulus, perlu kesekolah untuk mengambil dokumen berupa Raport, Sertifikat PKL, Sertifikat Uji Kompetensi Keahlian (UKK), kemudian sertifikat diklat yang pernah diikuti antara lain, Serifikat Basic Safety Training (BST), Sertifikat Advance Fire Training (AFF), Sertifikat Security Awareness Training (SAT), Sertifikat Seafarer With Designated Security Dubes (SDSD), dan Buku Pelaut. dengan membuat tanda terima dengan pihak sekolah. Untuk penerbitan ijazah biasanya paling cepat satu bulan baru bisa diambil, itu pun kalau blangko ijazah sudah diterima oleh pihak sekolah.

Peresmian Ruang Praktek Siswa (RPS) SMKN 5 TPI, Oleh Gub. Kepri, Anggota DPRD Provinsi Kepri LIs Darmansyah, Kadis Beserta jajaran DIsdik Prov Kepri hingga Perwakilan Lantamal IV TPI

Harapan kita sebagai sekolah yang meluluskan mereka, agar anak-anak yang nantinya akan lulus segera masuk ke dunia pekerjaan. Apakah pelaut, institusi pemerintahan TNI atau Polri atau perusahaan swasta serta melanjutkan ke dunia perkuliahan. Kita juga akan melakukan pendataan alumni untuk pegangan pihak sekolah, seperti data alumni yang bekerja atau kuliah bahkan yang menganggur sekalipun, agar pihak sekolah ada data lengkap para alumni sehingga bisa membantu para alumni yang belum mendapat pekerjaan. Karna itu merupakan tangung jawab moral pihak sekolah membantu memberi jalan atau peluang bagi Alumni SMKN 5 untuk mendapatkan pekerjaan.

Mengenai kriteria kelulusan siswa, Kepsek menyampaikan untuk anak-anak kelas 12, merujuk pada edaran Dinas Pendidikan Provinsi Kepri yaitu siswa wajib menyelesaikan semua program pembelajaran. Nilai kepribadian minimal Baik, mengikuti ujian sekolah ( ujian akhir sekolah dan kompetensi), mengikuti PKL dengan dinyatakan selesai oleh Instansi tempat siswa PKL. Jika penilaian sertifikat PKL yang sudah terpenuhi. Nantinya ada rapat majelis guru untuk penilaian kelulusan.

Pesan dan nasehat untuk anak-anak yang akan lulus.

” Nanti setelah lulus jangan hanya diam, harus aktif mencari kerja jika perlu datang kesekolah, kedua untuk mengangkat nama baik sekolah, bahwa sekolah kita adalah sekolah yang dikhususkan untuk dunia kerja, apabila sudah berhasil didunia kerja, agar para alumni membantu sumbangsih fikiran dan anggaran minimal bisa untuk bantu adek-adek bekerja atau PKL ditempat mereka bekerja,” pesan Pak Zul.

Kepsek juga tidak lupa menyampaikan pesan kepada peserta didik yang saat ini duduk di kelas 11, agar tetap mengaplikasikan keterampilan yang dimiliki dalam pelaksanaan PKL, jangan banyak bermain. Harus serius karna pengalaman pembelajaran disekolah dengan alat yang mumpuni dan dipraktekkan di perusahaan tempat mereka PKL, agar mapan untuk persiapan kelulusan dikelas 12 nantinya.

 

Penulis: Edi’s

Foto: John. AA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here