Expor Ke AS Tidak Lancar, PT.Sunwell Bakal Hengkang Ke Vietnam

0
529
Diduga Kuat, PT.MIPI, PT.Aiwood dan PT.Sunwell Melakukan Kegiatan Pemindahan Barang Impor dari Negara Cina ke Kontainer Expor Tujuan Amerika Tanpa Produksi dan Sudah Bermerek Made In Indonesia. (Lokasi Pabrik Galang Batang-Bintan)

Bintan (cindai.id)_ Tersiar kabar PT. Sunwell Manufacturing Indonesia (Sunwell) bakal hengkang dari lokasi kawasan pabrik PT. Mangrove Industry Park Indonesia (MIPI) Jl. Bukit Piatu Galang Batang Kecamatan Gunung Kijang Bintan.

Didalam pemberitaan sebelumnya, PT. Sunwell juga merupakan salah satu perusahaan yang menjadi objek laporan dari LSM Cindai Kepri ke aparat penegak hukum Indonesia yang saat ini sedang berproses. PT.Sunwell ini juga menjadi pengexpor produk Kitcen Kabinet ke Negara Amerika Serikat (AS), berdasarkan data Panjiva, selaku pengimpor di AS adalah American Cabinets Llc, yang saat ini juga sedang berproses di U.S. Customs and Border Protection (CBP) beserta PT.MIPI dan PT.Aiwood.

Baca Juga: Pemerintah AS Bakal Likuidasi Mitra PT.MIPI, PT.Aiwood dan PT.Sunwell, Apa Sikap Pemprov. Kepri?

SP2HP Ke-5 Proses Pelaporan LSM Cindai Kepada PT.MIPI Di Polres Bintan (09/09/2022)

Berdasarkan keterangan dari sumber yang tak mau namanya disebutkan, saat ini PT.Sunwell sudah mengemas barang-barang miliknya dan dimasukkan ke dalam Kontainer.

“Yang pastinya udah ada 8 kontainer berisi mesin produksi Sunwell yang siap untuk dikirimkan ke Vietnam, katanya mereka udah koordinasi dengan pihak Bea Cukai dan Agen Pelayaran,” terang sumber (24/09/2022).

Menurut sumber media ini. Rencana pindahnya PT.Sunwell tersebut diduga akibat kecewa dengan PT. MIPI. Sebab, meskipun kedua belah pihak telah memiliki rencana kontrak selama puluhan tahun, namun pihak PT.MIPI belum bisa memberikan jaminan pasti terkait legalitas usaha tempat mereka beraktifitas sehingga mengakibatkan proses Expor ke Amerika Serikat tidak berjalan lancar.

Mengenai rencana hengkangnya perusahaan ini dari Indonesia ke Vietnam. Salah satu pengurus PT. Sunwell saat dihubungi, Acay mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab hengkangnya perusahaan tersebut.

“Kurang tau juga penyebabnya, saya pekerja aja di Sunwell, kalau soal itu kurang tau saya pak, maaf ya,” balas Acay singkat melalui Whatsapp, senin (26/09).

Owner PT.MIPI, Sukardi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp dan telpon, tidak merespon meski sudah dibaca.

Diketahui bahwasannya, antara PT. MIPI dan PT.Sunwell ada kaitan satu sama lainnya. Sukardi selaku Owner PT.MIPI juga merupakan Komisaris di PT.Sunwell. Perusahaan ini termasuk salah satu eksportir kitchen cabinet yang sedang dalam proses penyelidikan.

Penulis: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here